Sabtu, 22 Oktober 2016

Serunya Melihat Pesona Indahnya Negeri di “Indonesia Through My Eyes”

Tepat hari ini, negeri kita tercinta merayakan dirgahayunya yang ke-71. Rasanya tidak terasa, ya, sudah hampir mau 30 tahun saya tumbuh besar di negeri pertiwi. Untuk menyemarakkan semangat kemerdekaan RI, awalnya saya memutuskan dan berencana untuk meliput ragam acara yang biasa diselenggarakan warga sekitar ibukota. Niat awal adalah meliput kegiatan warga di lapangan Monas, mengingat tahun lalu sempat diadakan festival atau karnaval disana. Sebelum kesana, saya memutuskan mampir ke Plaza Indonesia, niatnya untuk sekedar mampir ke boot ‘I Love Indonesia’ dan berfoto disana. Tapi sesampainya disana, saya secara tak sengaja menemukan sebuah even epik yang bertajuk “Indonesia Through My Eyes”. 

Ini adalah sebuah pameran foto untuk umum bertemakan pesona Indonesia yang merupakan hasil karya beberapa pesohor tanah air dari berbagai latar belakang profesi seperti artis film, penyanyi, sutradara, model, disainer, sutradara dan lain sebagainya. Mereka adalah : Andien Aisyah, Anton Ismael, Chitra Subiyakto, Didiet Maulana, Edwar Hutabarat, Erwin Parengkuan, Ferry Rusli, Hakim Satriyo, Ira Lembong, Indra Leonardi, Mario Ginanjar, Nadine Chandrawinata, Nia Dinata, Raja Siregar, Raline Shah, Shanty Paredes dan Teddy Adhitya. 


Pameran ini diadakan di Plaza Indonesia, East Mall Lantai 1 sedangkan untuk galeri foto lainnya juga bisa dinikmati selengkapnya di Atrium On4 Level 4. Kesan pertama melihat pameran ini adalah takjub, haru dan tak mau kalah. Yak, tak mau kalah untuk bisa seperti mereka yang mampu mengabadikan indahnya pesona negeri dalam lensa kamera. Dan berikut adalah beberapa foto di galeri yang sempat saya foto. 

1. Tugu Monas dan Pantai Togean karya @rajaregar. Foto hitam putih klasik tugu monas ibukota yang gagah berdampingan dengan foto jernihnya pantai Togean di Sulawesi Tengah. Keindahan terumbu karang laut yang dibatasi jernihnya air dengan hijaunya pulau, sungguh indah. 

2. Candi Borobudur dan Wayang Orang Sriwedari karya @edo_thejourney. Kemegahan Candi Borobudur yang sudah terkenal semakin apik dalam bingkai hitam putih klasik. Dan potret sepasang Wayang Orang Sriwedari dari Solo, tak kalah gagah terabadikan. 

3. Hutan Pinus Imogiri dan Puthuk Setumbu karya @ralineshah. Siapa sangka artis cantik yang sangat terkenal ini, ternyata begitu mencintai negerinya. Terbukti dari hasil jepretannya yang indah tentang hijaunya hutan pinus imogiri di Yogyakarta dan suasana matahari terbit di Puthuk Setumbu Jawa Tengah. Hawa magisnya sungguh terasa. Terbayang, suasana udara segar dikelilingi pohon pinus yang rimbun atau udara pagi berpadu sinar mentari yang mulai menampakkan diri. 

4. Kete Kesu dan Perang Pandan karya @didietmaulana. Tak kalah dengan foto sebelumnya, aura tradisi / adat begitu kuat terpancar di foto foto ini. Kete Kesu adalah suatu desa wisata di kawasan Tana Toraja yang dikenal dengan peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang menyerupai sampan atau perahu yang didalamnya disimpan sisa-sisa tengkorak dan tulang manusia. (id.wikipedia.org). Sedang perang pandan adalah salah satu tradisi yang ada di Desa Tenganan, Kecamatan Karangaasem, Bali. Tradisi perang pandan, dilakukan dengan menggunakan pandan berduri sebagai alat atau senjata untuk berperang dan tameng dari anyaman rotan. (Id.wikipedia.org)

5. Pantai Luwuk, Sulawesi Tengah karya @erwinparengkuan. Bintang laut biru yang terdampar cantik dipadu dengan birunya pantai yang terbingkai apik dari atas padang ilalang. Sungguh, pesona negeri yang takkan bisa kita lupa dan pastinya menarik minat untuk didatangi secara langsung. 

6. Pulau Kalong dan Pulau Kelor, Flores karya @irradica_l. Indahnya senja matahari terbenam terpotret manis dari pulau kalong berpadu apik dengan jernihnya air pantai pulau kelor. Tentu dua pengalaman yang sangat menarik untuk bisa kita jajal sendiri nanti. 

7. Sumba Timur, NTT karya @antonismael_ . Suasana hangat mentari dan kontur perbukitan serta padang ilalang yang nampak sejauh mata memandang begitu terpancar saat melihat foto ini. Sungguh indah. 

8. Rumah Gadang dan Keluarga Kecil di Suroba, Papua karya @chitras. Potret keluarga kecil di Suroba, Papua begitu sederhana terbingkai. Jujur, apa adanya. Sedang kegagahan tetap terpancar dari foto Rumah Gadang disebelahnya. Mengingatkan saya akan rumah sejujurnya. Bahwa memang tak ada tempat yang lebih nyaman selain keluarga dan rumah sendiri. Begitu pula negeri ini. Rumah besar yang begitu nyaman dan harus kita jaga agar tetap aman. 

Itulah sekelumit momen berharga saya di Indonesia Through My Eyes Photo Exhibition dalam mengisi waktu luang memperingati HUT RI ke-71. Memerdekakan mata,  membukakan hati bahwa negeri ini sangat indah dari ujung barat sampai timur. Dan keindahan ini harus bisa kita lestarikan agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita kelak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar