Sabtu, 26 Agustus 2017

#BijakBersosmed : Sosial Media Berkah, Bukan Musibah


Di era digital sekarang ini, rasanya akan sulit bila kita bertanya siapa diantara kalian yang belum pernah chatting, browsing, lihat video atau memainkan game online. Pasti jawabannya sudah pernah, meski hanya satu aktifitas. Kemudahan akses internet, serta harga yang terjangkau untuk pembelian quota internet semakin memberikan jalan yang lapang buat generasi sekarang melakukan aktifitas tersebut. Lalu apakah hal ini layak disebut sebagai kemajuan? Tentu, tapi apakah hal ini adalah berkah? Atau jangan-jangan musibah?

Mudah dan maraknya penggunaan media sosial sekarang ini memungkinkan para netizen untuk bisa berbagi informasi apapun, dari yang umum sampai khusus. Tak terkecuali masalah pribadi pun sekarang seolah menjadi hal umum untuk dikonsumsi. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan. Mengingat kadang banyak sekali berita-berita palsu atau yang dikenal sebagai HOAX hadir memenuhi lini depan sosial media kita. Berita-berita bermuatan negatif tersebut seolah hadir begitu saja, mengingat masih banyak netizen yang belum bisa memfilter atau menyaring informasi yang didapat sehingga mereka seolah latah dan begitu saja membagi informasi yang didapat tanpa di check lebih dahulu kebenarannya.

Berangkat dari hal ini, hari ini saya dan para penggiat media sosial, komunitas blogger serta berbagai organisasi yang peduli akan keberadaan media sosial hadir di acara peluncuran gerakan #BijakBersosmed yang bertempat di Auditorium Indosat Ooredoo. Acara ini diselenggarakan oleh Indosat selaku pendukung utama atas iniatif para netizen dalam mendorong dan menjaga penggunaan sosial media yang sehat, cerdas, aman dan bijak. Dan hal ini pun mendapatkan dukungan serupa dari Kementrian Komunikasi dan Informasi RI. 

Acara dimulai pukul 15.00, untuk kemudian dibuka langsung oleh Chief HR Officee Indosat Ooreedoo, Ibu Ripy Mangkoesoebroto. Dalam pembukaannya, disampaikan bahwa Indosat Ooreedo mendukung secara penuh gerakan #BijakBersosmed sebagai sebuah program nyata kampanye publik penggunaan sosial media yang bijak. Dan peluncuran gerakan #BijakBersosmed ini adalah langkah awal dari upaya untuk melihat sosial media kita agar mampu menjadi tempat yang aman dan bisa dipercaya dalam menyampaikan informasi yang baik, benar dan akurat. Serta agar sosial media mampu menjadi wadah dalam melahirkan inovasi baru, tempat bertukar gagasan serta tempat kita untuk menghargai perbedaan pendapat dengan cara yang santun dan bijak.

Hal senada pun diuraikan oleh Bapak Samuel Abrijani P, selaku Dirjen Aplikasi Informatika Menkominfo, yang turut hadir sebagai wujud apresiasi atas gerakan #BijakBersosmed. Diharapkan bahwa ditengah kondisi masyarakat era digital dimana sosial media sudah menjadi gaya hidup yang umum, dan menghubungkan setiap orang satu sama lain, kita mampu secara bijak menggunakan kemerdekaan dan kebebasan berekspresi di sosial media dengan tidak menyinggung atau merugikan orang lain. Pun juga didalam menyikapi atmosfer dan dinamika politik di negara ini. 

Sementara itu, Koordinator Gerakan #BijakBersosmed, Mas Enda Nasution pun mengemukakan hal serupa. Bahwa diluncurkannya gerakan ini benar-benar sebagai awalan didalam mendorong dan mengajak para pengguna sosial media untuk bisa lebih bijak dalam membagi ataupun menyikapi setiap informasi yang ada. Terlebih ditahun-tahun mendatang, saat tahun politik menjelang akan banyak kompetisi dalam memenangkan perhatian publik salah satunya melalui platform sosial media. Pastinya gerakan ini diharapkan mampu untuk tetap menjaga agar arus informasi yang ada tetap sehat, aman dan bijak. 

Dalam peluncuran ini, kami para peserta yang hadir diharapkan mampu untuk memberikan sumbang saran atas   kegiatan #BijakBersosmed di masa depan, termasuk rencana sosialiasi ataupun pertemuan lanjutan di berbagai kota. Sementara itu, salah satu bentuk utama dari gerakan #BijakBersosmed ini adalah penyediaan ikrar #BijakBersosmed online yang dapat dilakukan dengan mengunjungi laman www.bijakbersosmed.id , dimana informasi lengkap lainnya dari kegiatan #BijakBersosmed ini bisa langsung disini. 

Gerakan #BijakBersosmed adalah gerakan kesadaran publik untuk menggunakan sosial media dengan cerdas, sehat, aman dan bijak, sebagai respon terhadap maraknya praktek penyebaran hoax, saling serang, serta beragam penyebaran konten bermuatan negatif / kebencian yang terstruktur dan sistematis agar jangan sampai menjadi musibah perpecahan diantara kita selaku warga negara Indonesia. Mari sama-sama kita jadikan sosial media sebagai berkah sarana persatuan dan sebagai wujud partisipasi kita dalam mengisi kemerdekaan. Ingat, merdeka dengan bijak, bijak dengan merdeka. :-)

6 komentar:

  1. Socmed memang seharusnya menjadi wadah untuk mempererat hingga memperluas silaturahmi. Sayangnya ada aja oknum yang tidak bijak dalam bersocmed. Sehingga membuat socmed menjadi tidak nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju. Karenanya kita mulai dari diri sendiri untuk selalu bijak bersosmed ataupun menerima informasi yahh :-)

      Hapus
  2. Bener banget mas memang banyak banget informasi bersliweran di lini masa, tapi itulah keadaanya sekarang. Kita sebagai netizen harus bisa bijak bersosmed, tidak termakan berita hoax yang ada apalagi membuat berita hoax itu sendiri

    BalasHapus
  3. Seru acaranya. Yup #BijakBersosmed harus digencarkan apalagi sekarang banyak anak muda yang suka kebawa bawa gak bener dalam penggunaan sosmed. Perlu tuntunan seperti acara ini misalnya, harus sering diadakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar teh ani..acara dan gerakan seperti ini penting untuk saling mengingatkan generasi muda di era digital saat ini

      Hapus

SPECIAL PAKET BUFFET HALAL BIHALAL OMEGA HOTEL MANAGEMENT

Satu bulan penuh sudah kita menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Dilanjutkan dengan perayaan Idul Fitri atau lebaran sebagai tanda kemenan...