Selasa, 01 Agustus 2017

Grand Zuri BSD: The Truly Home Stay Cation Experience

Grand Zuri BSD City adalah hotel bintang empat berstandar internasional yang dibangun dilahan seluas kurang lebih 3.000 meter persegi. Hotel yang mulai beroperasi sejak tanggal 16 Juni 2012 ini berlokasi di Jl. Pahlawan Seribu Kavling Ocean Walk, Blok CBD Lot 6, kota mandiri BSD Serpong, Tangerang, Banten. Hotel ini merupakan bagian dari Zuri Hospitality Management (ZHM). Lokasi hotel ini sangat strategis sobat staycation, karena berada di tengah-tengah antara BSD Square, Kompleks Perumahan Bumi Serpong Damai, Teras Kota dan tempat wisata Ocean Park BSD. Sebagai informasi, lokasi hotel ke Ocean Park itu bahkan tidak sampai 500 meter, jadi cukup dengan jalan kaki sebentar saja.

Akses untuk datang ke hotel ini pun mudah sekali. Sobat staycation yang berasal dari Jakarta dan tidak punya kendaraan pribadi seperti saya, bisa menggunakan sarana angkut kereta api. Cukup naik kereta dari stasiun tanah Abang misalnya, lalu ambil jurusan yang ke Serpong (ada di lintasan 5 atau 6) lalu tinggal turun di Stasiun Rawa Buntu. Dari sana,  sobat statycation bisa pilih mau naik ojek atau taxi online. Butuh waktu tak kurang hanya 45 menit untuk tiba kesini, dengan estimasi biaya IDR 20,000 untuk sekali perjalanan pulang pergi. Sangat mudah, murah dan cepat kan? 

source : jalanjalankenai.com 
Hotel Grand Zuri BSD terdiri atas 3 bagian utama. Bagian kiri yang didominasi oleh aula / ballroom, bagian tengah berupa lobi hotel, lounge dan kolam renang, serta bagian kanan tempat sebagian besar kamar tamu hotel berada. Tampak dari luar, desain hotel dan bangunan ini terkesan klasik ala bangunan eropa. Fasilitas yang ditawarkan oleh hotel pun sangat menjanjikan. Mulai dari layanan 24 jam untuk servis kamar dan operator, wifi berkecepatan tinggi, staf hotel dual bahasa, bisnis center, doctor on call , mushola, dan jasa kurir. Disamping itu, Grand Zuri hotel juga sudah memiliki 8 aula dengan luas yang beragam dan bisa digunakan untuk beragam keperluan mulai dari pesta pernikahan, pelatihan / family gathering, rapat anggota, dan atau perayaan lain yang dilakukan didalam ruangan. Setiap aula sendiri sudah dilengkapi dengan LCD projector build in, flipchart, notepad, alat tulis, standar sound system, permen dan air mineral serta koneksi wifi yang kencang. Tak ketinggalan pusat kebugaran yang meliputi fitness centre , Spa dan kolam renang semakin melengkapi fasilitas yang ditawarkan.

Di depan lobi hotel terdapat area parkir untuk sejumlah kendaraan (kurang lebih 15-20 unit), sedangkan area parkir utamanya sendiri diperkirakan mampu ditempati oleh lebih dari 100 unit kendaraan. Tepat didepan pintu masuk lobi, terdapat meja resepsionis dari Cerenti Restaurant yang mana areanya dengan lobi hotel hanya dibatasi oleh sekat / tirai dari kayu yang berwarna cokelat tua dengan desain yamg sedemikian rupa. Dalam tiap-tiap sekat, dipajang beberapa pot bunga sebagai hiasan yang semakin mampu menampilkan kesan alami.

Lobi hotel Grand Zuri terdiri atas 3 bagian, yaitu meja resepsionis tepat dipojok sebelah kanan dari pintu masuk, serta 2 ruang tunggu bagi tamu hotel yang berada tepat disamping kiri dan kanan pintu masuk. Secara keseluruhan, lobi hotel didesain menggunakan warna interior senada kayu yang terlihat alami berpadu dengan perabotan / sofa serta aksesoris lainnya yang ditempatkan disana. Meja resepsionis sendiri dihiasi oleh dinding yang terbuat dari bahan kayu dengan warna gading /krem. Tepat diatasnya dihiasi oleh barisan lampu berwarna emas yang tergantung manis dengan latar belakang pajangan / ukiran dinding kayu berwarna cokelat tua yang dipasang memanjang hingga ke lantai 2 atau atap lobi. 

Pada bagian ruang tunggu tamu hotel, terdapat masing-masing 1 set sofa (1 sofa panjang dan 2 kursi pendek) yang dipasang berhadapan, dilengkapi oleh meja bundar dan sepasang lampu meja di kiri kanannya. Pemilihan warna sofa, pun juga meja lampu dipilih senada menggunakan warna dasar kayu sebagai ciri khas dari hotel ini.  Dipojok kiri ruang tunggu, terdapat tangga yang mengarah langsung menuju ke Zuri Lounge maupun ke ballroom. Sementara tepat ditengah atas lobi, terpasang manis lampu hias dengan desain yang indah. Pada dinding atas atap lobi, dipasang 3 jendela kaca, dengan jendela utama yang berukuran paling besar tepat ditengahnya. Kombinasi desain interior dan arsitektur yang pas antara semua komponen yang ada di lobi ini, mampu memberikan kesan lobi hotel yang luas dan nyaman. 
Pada saat saya menginap disana, saya mendapatkan sejumlah komplemen. Salah satunya adalah 'welcome cookies', demikian saya menyebutnya. Ini adalah salah satu komplemen khas dimana saya mendapatkan kupon yang bisa ditukar dengan seporsi kue cubit. kuponnya sendiri hanya berlaku pada hari kedatangan. Lokasi counter kue cubit ini tepat berada disamping kanan dari meja resepsionis Cerenti restaurant. Tepat disamping kanan meja resepsionis hotel atau disamping kanan counter kue cubit tadi, terdapat semacam photobooth untuk berswafoto. Tentunya berfoto di area sini tidak saya lewatkan sobat staycation. Tak kurang beberapa kali saya mengambil gambar disini karena memang instagramable banget. 

Untuk menuju ke kamar hotel, akses hanya diberikan melalui lift  dengan menggunakan kartu kunci magnetik yang telah diberikan. Terdapat 2 lift yang bisa digunakan oleh tamu hotel disini. Tepat didepan lift, terdapat meja kecil dengan 2 vas bunga dikiri dan kanannya. Diatas mejanya sendiri terdapat pernak pernik dan alat pembakar aroma therapy yang wanginya sangat menenangkan. Sementara itu, dibagian atas / atap dari area tunggu lift dipasangkan kaca yang juga memberikan kesan tinggi dan luas. 

Kamar yang saya tempati adalah tipe superior dengan 1 tempat tidur utama dimana area lantai kamarnya terbuat dari kayu. Di Grand Zuri sendiri ada beberapa tipe kamar, mulai dari Superior, Deluxe, Executive, Junior Suite dan Presidential Suite. Harga yang ditawarkan pun sangat kompetitif dimana mulai dari IDR 1,650k++ untuk tipe kamar Superior. Waktu check in dimulai dari pukul 2 siang, sedangkan waktu check out bisa dilakukan paling telat pukul 12 siang. Pembayaran menggunakan semua jenis kartu kredit sudah diterima disini.

Sesaat setelah masuk ke dalam kamar, di sebelah kanan dari pintu masuk terdapat rak untuk menyimpan dan menggantung pakaian, laundry box, sepasang bantal cadangan dan juga safety box. Sementara itu, sebuah kaca datar yang besar dipasang diantaranya. Kamar mandi sendiri berada di sebelah kiri. Dilengkapi dengan shower kit / toiletries (sisir, pasta gigi, sikat gigi, shower cap, body lotion, sanitary bag, shampoo, dan sabun mandi gel), pengering rambut, serta sepasang handuk. Kamar mandinya didesain modern minimalis dengan wastafel, toilet duduk dual flush dan standing bath room yang lengkap dengan air hangat atau  dingin untuk penggunaan sesuai kebutuhan. 

Selanjutnya tepat setelah tempat penyimpanan barang / pakaian, terdapat meja dengan minibar diatasnya yang terdiri atas pemasak air elektrik, sepasang cangkir lengkap dengan kopi, teh dan gula sachet. Selain itu juga terdapat beberapa makanan ringan dan air mineral yang bisa dibeli dan digunakan langsung. Kalaupun ada hal lain yang dibutuhkan, terdapat minibar list yang bisa digunakan sebagai referensi pemesanan. Disamping minibar list, terdapat televisi layar datar berukuran besar yang sudah dilengkapi dengan saluran pilihan baik lokal maupun internasional. Sementara itu tepat di bagian ujung kamar, terdapat meja kerja yang dilengkapi lampu meja dan kursi sandar.

Tempat tidur berada ditengah ruangan kamar. Diapit oleh dua lampu tidur, beralaskan seprai putih, dengan sepasang bantal besar dan satu bantal bersarung motif batik dengan warna cokelat tua, memberikan sentuhan khas kayu ala hotel Grand Zuri. Sementara itu, tepat diatas tempat tidur dipasang lukisan yang cukup besar dengan warna yang indah. Saluran telepon kamar, dipasang  di meja samping kanan tempat tidur berikut petunjuk penggunaannya. Ditambah keberadaan sebuah kursi sofa dan meja bundar kecil yang diletakkan tepat didepan jendela kamar, yang pas digunakan untuk bersantai. Dibelakang sofa, terdapat connecting door yang cocok sekali buat mereka keluarga besar yang mungkin membutuhkan dua kamar sekaligus namun bisa tetap saling terhubung. 

Kegiatan pertama saya setelah beristirahat sejenak di kamar adalah ingin mencoba sensasi 'outdoor dine in' di Zuri Terrace sambil menanti senja. Zuri Terrace sendiri berada di lantai 3 hotel, adalah tempat yang pas buat sobat staycation yang ingin mengadakan 'Barbeque Night', 'Birthday Celebration' ataupun 'Romantic Dinner' seperti yang saya coba. Paket yang ditawarkan oleh Grand Zuri sendiri untuk masing-masing acara ini sangat terjangkau. Untuk 'Barbeque Night' mulai dari harga IDR 150,000 nett/pax dimana waktu penyelenggaraannya khusus hari jumat malam mulai pukul 18.00 s.d 21.00. Sementara itu, untuk paket 'Romantic Dinner' dimulai dari harga IDR 500,000 nett/couple, sudah termasuk gratis bunga mawar dan juga cokelat. Atau bagi sobat staycation yang ingin merayakan ulang tahunnya juga bisa mencoba paket 'Birthday' yang dimulai dari harga IDR 275,000 nett /pax, sudah termasuk gratis menginap satu malam di kamar tipe superior. Menarik sekali bukan?

 
Saat saya tiba di Zuri Terrace, tampak meja yang sudah tertata rapi lengkap dengan lilin-lilin dan taburan bunga mawar sebagai penambah suasana romantis. Untuk kesempatan kali ini, saya memesan menu berupa Calamary Ring with Squid Garlic Mayonaise dan Mix Flavour Shortcake dipadu dengan Kiwi dan Strawberry Orange Smoothie. Namun sayang, ketika hidangan sudah siap, hujan justru turun sehingga rencana romantic dine in saya pun terpaksa berpindah lokasi ke Zuri Lounge. 

Zuri Lounge adalah tempat yang sangat cozzy, terdiri atas 3 ruangan utama yaitu Bar dibagian belakang, tempat duduk dibagian tengah yang terdiri atas 2 tipe, yakni sofa dan kursi duduk biasa, serta panggung pertunjukan live musik di bagian paling depan. Zuri Lounge berada tepat di lantai 2, tepat diatas Cerenti restaurant. Buka mulai pukul 9 pagi s.d 11 malam. Menyajikan beragam hidangan serta hiburan menarik diantaranya adalah pertunjukan live musik yang diadakan setiap akhir pekan, mulai pukul 9 malam hingga selesai. 

Bar di Zuri Lounge menawarkan beragam hidangan dan minuman yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Wamena Coffee sebagai salah satu original signature dishnya. Hanya dengan harga IDR 35,000++, kita sudah bisa mendapatkan dan merasakan secangkir kopi khas Wamena yang dipadu dengan Pisang Goreng Uli sebagai salah satu komplemennya. Di kesempatan kali ini, saya berkesempatan untuk bisa melihat langsung bartender Zuri Lounge membuat Wamena Coffee ini loh sobat staycation. Seru kan!!! 

Oh iya, mengingat diluar masih hujan, saya pun memilih untuk  melanjutkan makan malam di Zuri Lounge. Kali ini, saya memilih menu Triple Sandwich with Potato Fries dan Spaghetti Bolognaise. Rasanya? Enak banget!!! Tak butuh waktu lama buat saya untuk menghabiskan makan malam saya tersebut. Selesai makan, saya putuskan untuk santai sejenak sambil menikmati pertunjukan live musik. Duh, baper banget sobat staycation. Lagu-lagu yang dinyanyikan saya banget. Apalagi  iringan grand pianonya, makin buat hati saya teriris ingat mantan pacar. Hehe.. Pokoknya niy, Zuri Lounge adalah tempat paling oke buat sobat staycation yang ingin bersantai di akhir pekan. Baik sama teman, sahabat apalagi kalau sama pacar. :-)

Setelah puas dengan kegiatan hari pertama saya, agenda pagi ini saya mulai dengan kegiatan berenang. Kolam renang hotel Grand Zuri,  berada di lantai 3, tepat ditengah bangunan utama hotel. Kolam renang ini memiliki kedalaman dan panjang yang tidak terlalu lebar. Dibagi menjadi dua area, yaitu kolam kecil untuk anak-anak dan kolam besar untuk remaja dan dewasa. Di area kolam anak-anak disediakan bola-bola kecil sebagai mainan komplemen selama berenang. Tepat disamping kanan kolam renang, terdapat area gym yang sudah dilengkapi dengan peralatan olahraga (treadmill, angkat beban, dan beberapa alat lainnya), ruang sauna, ruang ganti, dan loker tempat penyimpanan. Desain ruangan gym atau pun sauna beserta ruang ganti juga tak luput diberikan aksen kayu sebagai ciri khas dari Grand Zuri.

Didepan pintu masuk gym, terdapat permainan soccer table yang bisa dimainkan siapa saja. Sementara itu, meja penjaga tepat didepannya. Bagi penghuni hotel yang mungkin lupa membawa sepatu, bisa juga meminjam disana karena sudah tersedia beberapa pasang. Selain kolam renang dan gym, disini juga terdapat area playground untuk si kecil. Playground area ini dilengkapi dengan beberapa mainan khas diantaranya berupa prosotan, rumah-rumahan bahkan trampoline. Disamping area playground yang seru, Grand Zuri juga mengadakan even seru berupa “Kids Corner” di setiap minggunya. Even ini diadakan di Cerenti outdoor dimana terdiri dari beragam kegiatan menarik buat anak-anak, seperti mewarnai gambar, bermain bola dan sebagainya. Hampir 1 jam saya menghabiskan waktu di area kolam renang. Meski hanya sekadar untuk berendam dan menikmati pemandangan sekitar yang sangat instagramble. Ditunjang dengan kedalaman kolam yang pas untuk saya yang tak bisa berenang, menjadikan kolam renang di grand zuri ini sebagai salah satu spot favorit saya selama disini loh sobat staycation.

Menginap di hotel itu rasanya tak puas kalau tidak mencicipi sarapannya. Bagaimana dengan pengalaman saya sarapan di hotel Grand Zuri? Menyenangkan! Lokasi sarapan bagi tamu hotel atau pengunjung disini adalah di Cerenti restaurant. Disini, para tamu bisa memilih sarapan mau  didalam ruangan, diluar ruangan (smoking area), ataupun di area private dine in yang sudah dilengkapi dengan televisi. Beragam menu disajikan disini. Mulai dari nasi khas semarang, soto mie, bubur ayam, nasi goreng, kwtiaw goreng, aneka olahan telur (omlet, telur ceplok/dadar), tumis sawi putih, sosis, aneka sereal, aneka juice, aneka pastry, aneka buah segar dan yoghurt, serta yang unik dari sarapan di Grand Zuri adalah adanya minuman khas tradisional Indonesia, yaitu jamu. 

Melihat banyaknya pilihan menu sarapan yang bisa saya santap, saya jadi bingung sendiri sobat staycation. Apalagi sebagian besar semuanya saya suka, dan pasti semua rasanya enak. Pilihan saya pun jatuh pada nasi goreng yang dipadu dengan omlet, kerupuk, abon dan jus sebagai minumannya. Ada hal seru dan menarik lainnya selama saya sarapan disini. Rupanya minggu pagi ini ada pertunjukan sulap yang memang dihadirkan khusus untuk menghibur tamu hotel yang sedang sarapan, terutama anak-anak. Saya sendiri sempat terlibat dan ikut bermain sulap kartu dan tali temali yang mana sukses membuat saya bingung saat itu. Tapi hal ini sukses memberikan kesan tersendiri,  mengingat saya tidak pernah mengalaminya di hotel lain tempat saya pernah menginap dulu. 

Selesai sarapan dan sekaligus mengakhiri rangkaian acara #StayCation saya disini, saya berkesempatan untuk menyaksikan langsung demo masak yang kali ini dibawakan oleh Chef Agus. Chef Agus adalah salah satu koki handal di hotel Grand Zuri, yang mana siang ini beliau melakukan demo masak untuk salah satu menu andalannya yaitu Sirloine Steak with Spicy Sauce & Mash Grilled Potatoes. Acara demo masak ini berlangsung sangat seru dan sukses membuat saya terkagum-kagum dengan keahlian memasak Chef Agus. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit, dan sajian utama tersebut itupun sukses dihidangkan. Selanjutnya, saya pun diberikan kesempatan langsung untuk bisa mencicipi masakan buatan Chef Agus sebagai makan siang penutup sebelum saya check out dari hotel. It’s so yummi sobat staycation. Belum lagi hidangan penutupnya berupa puding strawberry. Rasanya maknyesss sekali, apalagi siang-siang begini. Hehe... 

Buat sobat staycation yang penasaran dan tertarik mencoba, bisa mengikuti paket kelas memasak loh. Penawaran ini berlaku mulai dari IDR 50k net/pax, dimana sobat staycation akan mendapatkan pelatihan dari chef eksekutif hotel, sertifikat, buku panduan, apron dan juga topi khas koki. Dijamin seru loh! Terlebih kelas memasak ini bisa diadakan baik untuk anak-anak, remaja ataupun orang dewasa.


Yak, itulah sekelumit keseruan saya selama menginap di hotel Grand Zuri BSD sobat staycation. Sunggu sebuah pengalaman seru 'seperti dirumah' yang tak terlupakan karena Grand Zuri benar-benar mengerti dan tahu arti dari bagaimana menyenangkan tamu hotel yang sebenarnya. buat sobat staycation yang penasaran dan ingin mencoba pengalaman seperti saya, bisa langsung datang ke Grand Zuri BSD Serpong atau bisa hubungi langsung di +6221 2940 4955 untuk informasi dan atau bisa juga reservasi online melalui email di reservation.bds@grandzuri.com.;-)




1 komentar:

SPECIAL PAKET BUFFET HALAL BIHALAL OMEGA HOTEL MANAGEMENT

Satu bulan penuh sudah kita menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Dilanjutkan dengan perayaan Idul Fitri atau lebaran sebagai tanda kemenan...