Sabtu, 19 Agustus 2017

Serunya Menimba Ilmu di Workshop "How To Be A Good Influencer"


Hallo semuanya. Bagaimana niy akhir pekannya? Ada acara apa saja? Pasti seru dunk. Sama niy kayak akhir pekan aku saat ini. Aku berkesempatan menimba ilmu di acara Workshop How To Be A Good Influencer yang dipersembahkan khusus oleh detikcom.

Acara berlangsung di PIC Creative Room Kuningan City Mall 2nd Floor, mulai pukul 11.00 sampai dengan selesai. Ada apa aja ya dan siapa saja pengisi acara yang hadir? Simak yuk ulasan singkatnya.

Acara workshop dimulai pukul 10.00 dengan registrasi. Disini setiap peserta diberikan cenderamata spesial loh dari detikcom. Kemudian tepat pukul 11, acara dimulai dengan pemberian materi pertama oleh Mba Sena Pertiwi Achari selaku VP Product Management detikcom. Di kesempatan kali ini, Mba Sena memaparkan tentang Marketing di era digital termasuk definisi influencer dan posisinya didunia marketing.

Menurut Mba Sena, influencer adalah orang yang memiliki pengaruh terhadap konsumen didalam mempertimbangkan penggunaan suatu produk, baik jasa ataupun non jasa. Dalam dunia marketing, influencer berperan sebagai agen yang mempengaruhi pertimbangan (consideration) dan kesetiaan (loyalti) konsumen. 

Sebagai informasi, pertumbuhan influencer sekarang sangat pesat, mengingat aktifitas sosial media digital yang semakin marak. Kolaborasi antara sosial media dan influencer ini ternyata mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap konsumen di era digital saat ini.

Influencer biasanya digunakan oleh Brand untuk melakukan kampanye produknya. Lalu bagaimana Brand memilih influencer yang diperlukan? Brand biasanya akan melakukan influencer mapping dalam memilih influencer. Adapun poin yang menjadi rujukan meliputi:

1. Pencampaian (jumlah pengikut dan karakteristiknya)
2. Gaya konten berkomunikasi (komedi, edukatif atau bercerita)
3. Kategori konten dan pengalaman influencer
4. Rasio dan persepsi

Influencer sendiri saat ini dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

1. Selebritis dan jurnalis
2. Pro influencer, seperti Youtuber, Selebgram dan Blogger
3. Longtail influencer, yaitu brand fans dan konsumen


Setelah mapping selesai, selanjutnya Brand akan menentukan KPI yang harus dicapai dengan penggunaan influencer marketing. Dalam penentuan KPI ini, brand diharuskan untuk menetapkan tujuan yang dicapai berikut daya ukurnya, mulai dari website viewers, presentase kenaikan volume penjualan, peningkatan jumlah pengikut, serta referal traffic. Menarik bukan menjadi influencer?

Lalu bagaimana kita bisa terlibat atau menjadi seorang influencer? Ada beberapa tips atau langkah yang bisa dicoba, yaitu:

1. Buat konten orisinil yang menarik, dan konsisten di sosial media yang dimiliki
2. Tautkan konten ke akun-akun yang memiliki jumlah pengikut yang banyak
3. Selalu perkaya diri dengan issue terkini dan buat konten versi pribadi
4. Selalu pelajari dan coba fitur-fitur baru dari platform sosial media yang dimiliki

Setelah kita mengetahui definisi, posisi influencer didunia marketing dan bagaimana menjadi influencer, selanjutnya kita akan belajar membuat konten yang baik. Dan terkait hal ini, pembicara berikutnya sangat pas untuk kita simak. Di sesi kedua ini, Mas Bena Kribo selaku Influencer dan Content Creator, akan berbagi informasi berharga ini. Menurut Mas Bena, kunci utama menjadi influencer adalah kemauan yang tinggi untuk belajar terutama dengan memanfaatkan fasilitas internet yang ada saat ini.

Dalam pembuatan konten, secara teknis sesuaikan format konten dengan media sosial yang digunakan. Sedangkan dilihat dari isi kontennya, buatlah konten yang sesuai dengan tujuan brand dan tipe pengikut / konsumen yang menjadi sasaran. Dalam hal ini, Mas Bena menjadikan durasi sebagai key point dalam setiap pembuatan konten di setiap media sosial yang ia miliki. Senada dengan apa yang disampaikan diawal oleh Mba Sena, isi konten yang up to date dan format yang unik, adalah kunci utama lainnya agar konten yang dibuat bisa menarik perhatian/viral.

Adapun secara rinci, menurut Mas Bena ada 4 hal yang menjadi dasar pembuatan agar sebuah konten menarik, yaitu:

1. Sesuai minat / passion yang ingin didalami
2. Materi konten haruslah mampu menghubungkan secara personal ke orang-orang yang melihat
3. Konten haruslah shareable
4. Konten harus bersifat universal

Perlu diingat, seorang influencer harus mengenal baik brand yang akan dipromosikan. Tidak semua brand bisa diambil dan buatlah postingan yang sesuai jati diri /profile image yang kita bentuk. Sebagai penutup, Mas Bena mengutarakan beberapa tahapan dalam pembuatan sebuah konten. Dimulai dari pencarian ide yang baru dan segar, penulisan ide, pencarian properti, pemilihan lokasi dan waktu, proses shooting, editing, preview sampai akhirnya konten tersebut bisa diterbitkan.

Nah, setelah kita tahu bagaimana cara membuat sebuah konten, pastinya kita ingin melangkah lebih jauh, yaitu bagaimana memperoleh job alias pekerjaan sebagai influencer. Untuk menjawab hal ini, kita masuk ke sesi ketiga bersama Mas Karel Anderson selaku MarCom Detikcom. Menurut mas Karel, seorang influencer haruslah aktif di sosial media dengan isi konten yang bijak dan creatif bila ingin mendapatkan pekerjaan. Konten yang kreatif itu haruslah beda, berkarakter dan memiliki kepekaan atas issue atau trend saat ini.

Disamping itu, networking adalah kunci penting lainnya sebagai influencer. Terkait ini, detikcom membentuk socmed agent yang menjadi wadah para influencer untuk saling bertemu dan berkerjasama dalam rangka mewartakan, menggerakan pembaca, dengan konten web yang bersinergi dan memiliki semangat kebahagiaan atau positif. Diharapkan socmed agent ini mampu menjadi wadah aktifitas yang bisa diikuti bersama antara influencer dan brand terkait.

Menarik kan sahabat semuanya? Buat kamu yang merasa sudah dan sedang belajar menjadi influencer, bisa ikut bergabung sebagai socmed agent detikcom karena syaratnya cukup bisa diikuti, yaitu:

1. Pria / Wanita usia 17-45 tahun
2. Jumlah pengikut di sosial media yang diatas 1000
3. Memiliki blog atau vlog yang aktif
4. Memiliki detik ID

Rasanya workshop kali ini benar-benar seru sekali. Semoga informasi yang saya bagi ini bisa bermanfaat nantinya buat sahabat semuanya. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPECIAL PAKET BUFFET HALAL BIHALAL OMEGA HOTEL MANAGEMENT

Satu bulan penuh sudah kita menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Dilanjutkan dengan perayaan Idul Fitri atau lebaran sebagai tanda kemenan...