Minggu, 23 Desember 2018

Cara Mudah Membuat Resolusi Tahun Baru




Tahun baru sudah didepan mata. Tinggal beberapa hari lagi menjelang pergantian tahun. Apakah kamu sudah menentukan resolusi untuk dicapai di tahun depan? Atau jangan-jangan kamu termasuk kelompok yang sama sekali tidak memiliki resolusi dan memilih menjalani apa yang sudah ada? Pastinya tidak kan?
Hampir dipastikan setiap menjelang pergantian tahun, setiap orang memiliki harapannya masing-masing. Dari yang sederhana sampai yang luar biasa. Dari yang kecil sampai yang besar. Yang pasti harapan tersebut memiliki tujuan akhir yang sama, yaitu masa depan yang lebih baik, lebih bahagia dan sejahtera.

Untuk mencapai harapan tersebut, pastinya kita harus memiliki apa yang kita sebut sebagai resolusi. Resolusi disni tidak hanya sebagai wacana, melainkan paket lengkap antara apa yang dicitakan dengan bagaimana kita akan mencapainya. Dalam hal ini, kita harus tahu mana yang akan menjadi prioritas utama dan mana yang bukan. Lalu, bagaimana cara kita menentukannya? Awali dengan renungan. Ya, renungkanlah apa yang menjadi kekurangan kita di tahun ini. Misalnya, apakah selama ini dalam hal kesehatan kita sering sakit akibat pola makan yang tidak sehat, atau dalam hal karir belum mencapai jabatan yang diinginkan. Pun dalam hal percintaan misalnya, bagi yang belum menemukan pasangan. Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan perjalanan kita di tahun ini. Kelebihan dan kekurangan.

            
source: KompasLifeStyle
Selanjutnya bila kita sudah mengetahui apa yang menjadi kekurangan kita di tahun ini, tuangkan kedalam bentuk sasaran termasuk didalamnya kerangka waktu pencapaian. Sasaran atau target yang ingin dicapai ini bisa berupa target jangka pendek ataupun jangka panjang. Contoh target jangka pendek misalnya, menurunkan berat badan, kerangka waktu harus tercapai dalam waktu 3 bulan, dimana cara mencapainya adalah dengan mendaftar di klub olahraga atau mengganti pola makan dengan diet tertentu. Sementara itu, contoh target jangka panjang misalnya mendapatkan promosi jabatan, Waktu pencapaian dalam 6-9 bulan kedepan, cara mencapainya dengan melakukan evaluasi rutin untuk meningkatkan efisiensi diri dalam mengerjakan tugas harian atau mengikuti workshop / seminar yang meningkatkan keterampilan bekerja.


source: SilverDoplhinBooks
            Setelah menentukan target apa saja yang ingin dicapai, lengkapi daftar dengan menuliskan apa saja hal yang diperlukan yang akan mendukung pencapaian target. Hal yang diperlukan disini bisa berupa orang, waktu ataupun prasarana, tergantung targetnya. Berikutnya setelah daftar target sudah lengkap, lanjutkan dengan mengelompokkan target-target dengan tema serupa kedalam satu kelompok yang sama. Sebagai contoh, personal target isinya berupa keinginan untuk menurunkan berat badan, liburan ke Bali, atau memiliki kendaraan pribadi berupa mobil. Dengan mengelompokkan target, kita bisa memastikan setiap langkah yang dilakukan apakah bisa sekaligus untuk 1-2 target pencapaian atau tidak. 
            Langkah selanjutnya, cetak daftar target yang sudah disusun tersebut dan pasang ditempat yang bisa dilihat setiap hari. Kenapa? Dengan memasangnya dan melihat setiap hari, disadari atau tidak, akan membantu alam bawah sadar kita untuk selalu ingat akan target yang akan dicapai tersebut. Dan untuk setiap target yang sudah didaftarkan dan ternyata akhirnya tercapai, jangan lupa untuk mencentang. Hal ini akan memberikan motivasi secara tidak langsung kepada kita untuk bisa menuntaskan semuanya. Jadi, sudahkah kamu membuat daftar resolusi untuk tahun depan nanti?

          
Prioritas saya sendiri di setiap tahun hampir selalu sama dalam hal judul besarnya. Menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam hal kehidupan personal ataupun karir. Salah satu target saya untuk mencapai kesana diantaranya adalah dengan ingin menunaikan ibadah umrah. Targetnya sendiri ingin dilakukan di bulan November – Desember 2019 nanti. Adapun cara untuk mencapainya adalah dengan membuka tabungan berjangka, dengan nominal tertentu di setiap bulannya, yang mana dana tabungan hanya bisa diambil setelah jangka waktu yang ditentukan. Besar sekali harapan saya agar apa yang saya citakan ini bisa sepenuhnya terlaksana ditahun depan nanti. Aaamiiin… 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar